Philip
Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and
Control, mendefinisikan pemasaran adalah suatu proses sosial, dimana
individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka
inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan
individu dan kelompok lainnya.
KFC masuk Indonesia pertama kali pada 18 Oktober 1979 dengan satu buah outlet di melawai dengan system QSR (Quick Service Restaurant).
Keberhasilan Restoran KFC pertama tersebut kemudian mendorong KFC untuk
membuka berbagai cabang di tempat lain hingga sampai saat ini KFC telah
memiliki 420 outlet di Indonesia, dan merupakan merk ‘Top of Mind
Awareness’ dalam benak konsumen. Strategi pemasaran (marketing strategy)
adalah sebuah rencana yang memungkinkan perusahaan mengoptimalkan
penggunaan sumber dayanya untuk mencapati tujuan pemasaran dan
perusahaan. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Proses
dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi
konsep pemasaran. Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut
pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan
prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Pada perusahaan KFC menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yang mencakup 4P yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi).
No comments:
Post a Comment