Sunday, 2 March 2014

Strategi Pemasaran Pada KFC



Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and Control, mendefinisikan pemasaran adalah suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
KFC masuk Indonesia pertama kali pada 18 Oktober 1979 dengan satu buah outlet di melawai dengan system QSR (Quick Service Restaurant). Keberhasilan Restoran KFC pertama tersebut kemudian mendorong KFC untuk membuka berbagai cabang di tempat lain hingga sampai saat ini KFC telah memiliki 420 outlet di Indonesia, dan merupakan merk ‘Top of Mind Awareness’ dalam benak konsumen. Strategi pemasaran (marketing strategy) adalah sebuah rencana yang memungkinkan perusahaan mengoptimalkan penggunaan sumber dayanya untuk mencapati tujuan pemasaran dan perusahaan. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju. Pada perusahaan KFC menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yang mencakup 4P yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi).

No comments:

Post a Comment